Apa itu Penjaminan Asuransi?
Vino B Posted on

Apa itu Penjaminan Asuransi?

Penjaminan asuransi adalah bagaimana perusahaan asuransi mengevaluasi risikonya. Ini membantu perusahaan asuransi memutuskan apakah mengambil kesempatan untuk memberikan pertanggungan kepada seseorang atau bisnis akan menguntungkan.

Pengertian dan Contoh Underwriting Asuransi

Penjaminan asuransi adalah cara perusahaan asuransi menilai risiko dan keuntungan menawarkan polis kepada seseorang. Perusahaan asuransi harus memiliki cara untuk memutuskan seberapa besar pertaruhan yang diambilnya dengan menyediakan pertanggungan. Ia juga perlu mengetahui kemungkinan bahwa sesuatu akan salah, menyebabkan ia harus membayar klaim. Analisis ini berlaku untuk mengasuransikan rumah, mobil, pengemudi, kesehatan seseorang, atau bahkan nyawanya.

Setelah melihat risiko yang terlibat, penjamin emisi menetapkan premi asuransi yang akan dibebankan sebagai ganti mengambil risiko ini.

Bagaimana perusahaan memutuskan tingkat risiko yang dapat diterima? Di situlah underwriting masuk. Underwriting adalah proses kompleks yang melibatkan data, statistik, dan pedoman yang diberikan oleh aktuaris. Semua pekerjaan ini membantu penjamin emisi memprediksi kemungkinan sebagian besar risiko. Kemudian, perusahaan asuransi dapat membebankan premi berdasarkan tingkat risiko.

Misalnya, seseorang bertanya kepada perusahaan asuransi mobil tentang mendapatkan polis. Penjamin emisi asuransi dapat mengevaluasi catatan mengemudi mereka sebagai bagian dari proses menentukan apakah akan menawarkan polis kepada mereka. Pengemudi dengan catatan mengemudi yang buruk dapat dilihat sebagai pelanggan berisiko tinggi, dan perusahaan asuransi mungkin memutuskan untuk mengasuransikan mereka tetapi membebankan premi yang lebih tinggi sebagai kompensasi.

Cara Kerja Penjaminan Asuransi

Penjamin emisi adalah profesional asuransi terlatih yang memahami risiko dan cara mencegahnya. Mereka memiliki pengetahuan khusus tentang penilaian risiko. Mereka menggunakan keterampilan dan informasi untuk memutuskan apakah mereka akan mengasuransikan sesuatu atau seseorang dan berapa biayanya.

Penjamin emisi melihat semua informasi yang diberikan agen Anda. Kemudian, mereka memutuskan apakah perusahaan bersedia bertaruh pada Anda. Pekerjaan itu juga mencakup:

  • Meninjau informasi untuk menemukan risiko
  • Menentukan jenis pertanggungan polis atau bahaya apa yang disetujui oleh perusahaan asuransi untuk diasuransikan, dan dalam kondisi apa
  • Mungkin mengubah cakupan dengan dukungan
  • Mencari solusi yang dapat mengurangi risiko klaim di masa mendatang
  • Mungkin bernegosiasi dengan agen atau broker Anda untuk menemukan cara untuk mengasuransikan Anda ketika ada masalah

Menilai Situasi

Penjamin emisi dapat terlibat dalam kasus-kasus ketika penilaian lebih lanjut diperlukan, seperti ketika orang yang diasuransikan telah membuat banyak klaim, ketika polis baru diterbitkan, atau ketika ada masalah pembayaran.

Misalnya, seorang pengemudi bernama Mary telah membuat tiga klaim kaca pada polis asuransi mobilnya dalam lima tahun. Jika tidak, dia memiliki catatan mengemudi yang sempurna. Perusahaan asuransi ingin terus mengasuransikannya, tetapi juga ingin membuat risiko itu menguntungkan lagi. Ia telah membayar $1.500 dalam klaim kaca dalam lima tahun terakhir, tetapi Mary hanya membayar $300 per tahun untuk perlindungan kaca. Pengurangannya hanya $100.

Penjamin emisi meninjau file tersebut dan memutuskan untuk menawarkan kondisi baru kepada Mary setelah perpanjangannya. Perusahaan setuju untuk menawarkan pertanggungan penuhnya, tetapi itu akan meningkatkan pengurangannya menjadi $500.

Penjamin emisi juga memberikan opsi lain: Mereka akan memperbarui polis, tetapi akan mencakup cakupan kaca terbatas. Itulah cara penjamin emisi untuk meminimalkan risiko sambil tetap memberi Mary pertanggungan lain yang dia butuhkan, seperti asuransi kewajiban dan tabrakan.

Mengevaluasi Perubahan Saat Muncul

Penjamin emisi asuransi akan sering meninjau kebijakan dan informasi risiko setiap kali situasi tampak di luar norma. Ini tidak berarti bahwa penjamin emisi tidak akan pernah melihat kasus Anda lagi, hanya karena Anda sudah mengajukan atau mendapatkan polis. Penjamin emisi dapat terlibat setiap kali ada perubahan kondisi asuransi atau perubahan risiko.

Bekerja Dengan Pialang atau Agen

Agen atau broker menjual polis asuransi. Penjamin emisi memutuskan apakah perusahaan asuransi harus dan akan melakukan penjualan pertanggungan itu. Agen atau broker Anda harus menunjukkan kasus yang solid yang akan meyakinkan penjamin emisi bahwa risiko yang Anda berikan adalah risiko yang baik.

Agen biasanya tidak dapat membuat keputusan di luar aturan dasar yang diberikan dalam manual penjaminan emisi, tetapi beberapa agen mungkin memutuskan bahwa mereka tidak dapat mengasuransikan Anda, berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki tentang keputusan penjaminan emisi perusahaan mereka. Mereka tidak dapat membuat pengaturan khusus untuk menawarkan asuransi kepada Anda tanpa persetujuan penjamin emisi.

Penjamin emisi melindungi perusahaan dengan menegakkan aturan dan menilai risiko berdasarkan pemahaman ini. Mereka dapat memutuskan, di atas dan di luar pedoman dasar, bagaimana perusahaan akan menanggapi peluang risiko. Mereka juga dapat membuat pengecualian atau mengubah kondisi untuk membuat situasi menjadi tidak terlalu berisiko.