Memilih Asuransi Mobil All Risk atau TLO
Vino B Posted on

Memilih Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Saat ini masyarakat semakin memahami bahwa asurasi bagi kendaraan sama pentingnya dengan asuransi lainnya. Bukan hanya memberikan perlindungan dikala mengalami kecelakaan ataupun berbagai kondisi yang tidak diinginkan, namun juga bisa membantu anda melakukan rencana keuangan. Bagi anda yang ingin membuat asuransi kendaraan, pastikan memahami perbedaan antara all risk dan TLO untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Perbedaan Antara Asuransi TLO dan All Risk

TLO atau Total Loss Only, disebut sebagai asuransi yang mampu memberikan perlindungan kepada kendaraan dari resiko kehilangan ataupun kerusakan. Perusahaan yang menggunakan sistem ini, akan memberikan klaim apabila kerusakan kendaraan mencapai 75%. Begitu pula ketika kendaraan hilang akibat dari oknum tidak bertanggung jawab, maka perusahaan menganggap hal tersebut sebagai kerusakan total dan siap menanggung kerugian tersebut.

Agar lebih memudahkan, anda bisa membayangkan bila kendaraan mengalami kecelakaan parah hingga perlu mendapatkan perbaikan. Mengejutkannya, perbaikan yang dilakukan memakan biaya mencapai 150 juta. Sedangkan harga kendaraan tersebut senilai 200 jutaan, yang berarti mendekati dari nilai beli kendaraa tersebut. Banyaknya bagian yang harus diperbaiki, maka dapat dikatakan bila kerusakan telah melebihi 75%.

Namun perlu diketahui bila asuransi TLO, tidak akan menanggung apapun apabila kendaraan mengalami kerusakan kurang dari 75%. Misalnya saja bagian bemper mobil terlihat penyok ataupun pencurian kaca spion, hal ini tidak akan mendapatkan klaim karena dinilai kerusakan kecil. Dengan begitu, segala penggantian ataupun perbaikan akan ditanggung penuh oleh sang pemilik kendaraan.

Sedangkan All Risk Comprehensive cenderung dipilih oleh mereka yang memiliki kendaraan baru. Pasalnya, jenis asuransi satu ini akan memberikan perlindungan secara menyeluruh dari segala bentuk kerusakan. Entah itu kecelakaan kecil seperti badan kendaraan tergores ataupun penyok hingga adanya kerusakan besar akibat kecelakaan, semua kerusakan tersebut dapat ditanggungkan.

Perusahaan memang akan memberikan klaim secara penuh, dengan syarat memenuhi segala yang sudah tertulis pada polis. Ketika semua persyaratan telah dipenuhi, maka perusahaan bisa memberikan klaim secara penuh sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Ternyata klaim bukan hanya sekedar bila terjadi kecelakaan semata, karena jenis asuransi satu ini memberikan perluasan perlindungan secara menyeluruh.

Dimana perluasan tersebut meliputi adanya kemungkinan adanya bencana alam seperti gempa hingga banjir, kerusakan yang diakibatkan adanya kerusuhan ataupun aksi huru hara, ataupun adanya tanggung jawab dari pihak ketiga yang ternyata menjadi penyebab kecelakaan terjadi. Oleh karenanya, anda perlu memilih perusahaan asuransi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Memilih yang Terbaik Dan Sesuai Kebutuhan

All Risk Comprehensive memang mendatangkan keuntungan berlipat karena mampu memberikan perlindungan menyeluruh, dimana tersebut dianggap sepadan dengan banyaknya iuran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Oleh karenanya, jenis asuransi ini sangat cocok dipilih bagi mereka yang memiliki kendaraan baru agar terhindar dari kerugian. Dengan menggunakan jenis asuransi ini, anda tak perlu kebingungan karena kendaraan terlindungi sempurna.

Berbeda dengan All Risk Comprehensive, dimana premi yang harus dibayarkan jenis asuransi TLO lebih kecil. Hanya saja, kendaraan yang diansurasikan baru bisa mendapatkan klaim apabila mengalami kerusakan di atas 75% ataupun kehilangan. Jika terjadi kerusakan kecil, maka perusahaan tidak akan menanggungnya sedikitpun. Sehingga jenis asuransi ini harus menyiapkan dana cadangan, sebagai langkah antisipasi apabila mengalami kerusakan minor.

Kendaraan dikatakan sebagai aset berharga yang tak kalah penting diberikan perlindungan, sehingga sang pemilik kendaraan perlu mengetahui jenis asuransi tepat sesuai kebutuhan. Pasalnya, jenis asuransi bagi kendaraan dibagi menjadi dua jenis dengan kelebihannya masing masing. Ketika pemilihan jenis asuransi tepat, maka manfaat yang bisa didapatkan lebih maksimal dan mendatangkan keuntungan berlipat.