Business Plan, Kunci Kesuksesan Bagi Calon Wirausahawan
Vino B Posted on

Business Plan, Kunci Kesuksesan Bagi Calon Wirausahawan

Dunia bisnis merupakan salah satu bidang yang banyak diminati oleh banyak orang. Selain menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, dengan berbisnis seseorang juga dapat lebih bebas berekspresi. Namun bagi anda para calon wirausahawan yang hendak terjun ke dunia bisnis, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai business plan. Diharapkan dengan rencana bisnis yang baik akan membuat usaha anda dapat melaju dan tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya.

Komponen Business Plan yang Dapat Anda Ketahui

  1. Membuat Deskripsi Bisnis

Komponen yang pertama adalah dengan membuat deskripsi bisnis. Deskripsi bisnis tersebut juga memiliki tujuan tertentu mengapa harus dibuat. Salah satunya adalah untuk menjelaskan kepada pihak lain mengenai bidang usaha yang sedang dijalankan. Tak hanya itu, pada deskripsi yang ada anda juga dapat menjelaskan mengenai potensi produk yang dimiliki oleh perusahaan anda.

Deskripsi ini terbilang penting bagi kemajuan perusahaan anda kedepannya. Dengan deskripsi yang telah dibuat akan menbuat semua pihak yang bekerja sama dengan anda akan mengetahui arah dari perusahaan yang ada. Mereka juga akan lebih memahami mengenai potensi yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis yang anda pimpin tersebut.

  1. Melakukan Strategi Pemasaran

Tak hanya deskripsi bisnis saja, untuk membuat perencanaan bisnis anda juga dapat melakukan strategi pemasaran. Analisa pasar juga harus dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan dipilih. Ketepatan dan kecermatan juga merupakan aspek yang harus diperhatikan dalam membuat analisa pasar. Salah satu contoh analisa pasar yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan sistem analisa SWOT.

  1. Membuat Analisa Pesaing

Analisa pesaing juga merupakan komponen business plan yang berikutnya. Dengan membuat analisa pesaing, akan mempermudah anda dalam mengetahui kelemahan dan kekuatan para pesaing yang anda miliki. Setelah mengetahui kelemahan dan juga kekuatan dari para pesaing di pasar yang sama tersebut akan mempermudah anda menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan agar bisnis anda dapat terus melaju dan berkembang.

  1. Desain Pengembangan

Komponen lain yang menyusun business plan adalah berupa desain pengembangan. Desain pengembangan ini dibutuhkan untuk menampilkan tahapan dari perencanaan produk maupun grafik pengembangan yang ada. Tak hanya itu, desain pengembangan juga berguna untuk lebih memahami mengenai rencana bisnis yang akan dilakukan ke depan. Perencanaan pembiayaan usaha juga akan dipengaruhi oleh desain pengembangan tersebut.

  1. Rencara Operasional dan Manajemen

Sebuah rencana operasional dan manajemen juga dibutuhkan dalam sebuah business plan. Dengan rencana tersebut akan membantu anda menjelaskan mengenai bagaimana usaha yang ada akan berjalan. Rencana operasional sendiri akan lebih fokus pada kebutuhan berupa logistik dari perusahaan. Misalnya adalah untuk mengatur mengenai kebutuhan anggaran dan juga pengeluaran dari perusahaan.

  1. Menghitung Pembiayaan

Komponen lainnya yang juga dapat menyusun business plan adalah menghitung pembiayaan yang ada. Hal ini merupakan salah satu hal yanga penting dan harus diperhatikan dalam sebuah perusahan. Dengan menghitung pembiayaan yang ada anda akan dapat mengetahui mengenai darimana saja sumber dana yang ada berasal. Serta bagaimanan cara untuk mengatur anggaran agar lebih efisien untuk digunakan.

Business plan merupakan salah satu hal yang harus dibuat oleh para pengusaha Poker188 dalam memulai sebuah bisnis. Komponen yang dibutuhkan untuk membuat business plan sendiri juga beragam. Misalnya adalah membuat deskripsi bisnis, melakukan strategi pemasaran, membuat analisa pesaing, desain pengembangan, dan juga rencara operasional dan manajemen. Dalam membuat business plan, anda juga harus menghitung pembiayaan yang ada.