Inilah Dasar Perencanaan Investasi
Vino B Posted on

Inilah Dasar Perencanaan Investasi

Di pasar investasi saat ini, telah terjadi peningkatan jumlah individu yang memutuskan dan mengikuti rencana investasi. Mungkin ini disebabkan oleh kenaikan drastis biaya hidup atau ketidakamanan mendalam tentang masa depan jaminan sosial, dan dana pensiun. Banyak keluarga mencari rencana investasi yang membantu mereka membangun dua dana – satu untuk masa depan dan satu lagi untuk saat ini. Kebanyakan orang tidak tertarik untuk membeli saham dan obligasi. Ini memakan waktu dan rumit.

Rencana investasi penting memungkinkan investor untuk membeli sejumlah saham, obligasi, dan sekuritas. Pembelian dilakukan secara teratur dan konsisten. Dana untuk investasi diambil langsung dari cek, tabungan, atau rekening pasar uang secara otomatis. Uang ini digunakan untuk membeli saham dan obligasi yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk sebagian besar Anda dapat mengubah salah satu variabel kapan saja. Variabel ini meliputi jumlah, frekuensi, dan saham apa yang dibeli. Mungkin ada biaya yang terkait dengan perubahan. Pastikan biaya ini diketahui sebelum Anda menandatangani kontrak dengan broker Anda. Namun, jika Anda mencari lebih banyak kebebasan, sebagian besar perusahaan investasi online mengizinkan Anda mengubah variabel Anda kapan saja secara gratis.

Langkah penting berikutnya dalam rencana investasi adalah mencari tahu berapa banyak uang yang ingin Anda investasikan. Ini adalah ide yang baik untuk memiliki anggaran rumah tangga. Ini akan memungkinkan Anda untuk menganalisis dengan jelas berapa banyak uang ekstra yang tersedia untuk diinvestasikan. Karena sifat rencana investasi jangka panjang, Anda akan menderita kerugian finansial jika Anda menarik diri lebih awal karena Anda menginvestasikan lebih banyak uang daripada yang Anda mampu.

Pastikan jumlah yang Anda pilih sudah tersedia untuk setiap kali investasi muncul. Ingat hanya karena Anda memiliki uang ekstra sekarang tidak berarti di masa depan Anda akan memilikinya. Banyak investor gagal beberapa bulan setelah memulai rencana investasi mereka karena mereka tidak menganggarkan dana untuk kesenangan darurat. Jika Anda merasa berada pada titik di mana Anda tidak dapat lagi melakukan investasi reguler, lebih banyak perusahaan investasi akan mengizinkan Anda untuk mengurangi atau menahan jadwal investasi berikutnya.

Sekarang Anda tahu cara kerja rencana investasi dan Anda punya uang untuk diinvestasikan. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Anda memutuskan apa yang akan diinvestasikan. Riset adalah komponen kunci untuk langkah ini. Memang butuh waktu untuk memutuskan tetapi itu sepadan dengan usaha. Pastikan Anda menemukan saham yang memiliki riwayat kinerja baik dalam jangka panjang.

Pada saat pembelian mereka mungkin mahal tetapi mereka mungkin juga akan terus meningkat yang secara langsung akan menguntungkan Anda. Saat Anda merasa semakin nyaman dengan berinvestasi, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak saham dan obligasi ke dalam portofolio Anda. Banyak ahli keuangan percaya bahwa diversifikasi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keuntungan investasi Anda.

Rencana investasi sangat bagus bagi investor biasa untuk melakukan investasi yang aman dan berisiko rendah yang akan mengarah, dalam jangka panjang, pada peningkatan laba dan stabilitas keuangan.