Modus Penipuan dalam Investasi Umum
Vino B Posted on

Modus Penipuan dalam Investasi Umum

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi proliferasi besar-besaran penipuan investasi yang beredar di internet. Saya menerima hingga 5 email setiap hari yang berisi penipuan ini. Internet adalah sumber daya yang fantastis bagi investor, menyediakan harga saham real-time dan akses ke penelitian dan analisis saat ini. Namun, kurangnya regulasi di dunia maya memungkinkan ahli keuangan dan penipu melakukan penipuan menghasilkan uang setiap hari.

Skema piramida adalah salah satu bentuk penipuan investasi yang paling umum di internet. Dengan ini, Anda diminta untuk menyumbangkan sejumlah uang, dan kemudian Anda dijanjikan pengembalian ketika investor baru memberikan kontribusinya. Akhirnya, piramida runtuh ketika uang yang terutang kepada investor sebelumnya lebih dari apa yang dapat dikumpulkan.

Berikutnya dalam daftar adalah praktik ilegal yang disebut pump and dump. Ini adalah saat sekelompok kecil investor yang memegang sejumlah besar saham di sebuah perusahaan berkeliling mengiklankan sahamnya kepada publik yang tidak mendapat informasi. Kegilaan yang dihasilkan menaikkan harga saham, di mana sekelompok kecil pemegang saham yang disebutkan di atas membuang saham mereka dengan harga tinggi sebelum masyarakat umum tahu bahwa saham itu tidak berharga.

Terkadang, pump dan dumper akan melakukan short selling (short selling adalah praktik yang sah dan sah, dimana Anda meminjam saham dari orang lain dan segera menjualnya, dengan harapan harga saham akan turun dalam waktu dekat sehingga Anda dapat membelinya kembali dengan harga yang lebih rendah dan mengembalikannya kepada orang yang meminjamkannya kepada Anda dengan keuntungan).

Dengan short selling pump and dump, peminjam menjual saham yang dipinjamkan kepadanya dan kemudian menyebarkan desas-desus buruk tentang perusahaan untuk menurunkan harga saham sehingga dia dapat membelinya kembali dengan harga rendah sebelum mengembalikan saham tersebut ke pemilik aslinya.

Anda juga harus menghindari email yang Anda terima tentang investasi luar negeri atau bank utama. Perusahaan lepas pantai, berkat internet, tidak lagi dihadapkan pada kendala seperti direct mail atau telemarketing jarak jauh. Janji pengembalian besar dari investasi luar negeri biasanya benar-benar palsu. Penipuan lain yang perlu Anda waspadai melibatkan bank-bank utama. Prime bank adalah 50 bank teratas di dunia. Penipu internet akan meminta uang Anda sehingga mereka dapat menginvestasikannya dalam instrumen keuangan bank utama yang bebas risiko dan hasil tinggi. Namun, mereka kemungkinan akan menginvestasikan uang Anda dalam risiko tinggi, kendaraan investasi spekulatif yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan bank-bank utama. Hindari permintaan bank utama seperti wabah.

Saya harap informasi ini akan membantu Anda menghindari menjadi mangsa penipuan investasi. Namun, jangan takut untuk berinvestasi di perusahaan hanya karena ada pemompaan dan pembuangan. Hanya karena beberapa pemegang saham memutuskan untuk memompa saham demi keuntungan mereka sendiri, tidak berarti bahwa perusahaan itu bukan investasi yang baik. Orang-orang telah menghasilkan banyak uang di pasar saham dengan berinvestasi di perusahaan yang relatif baru sebelum orang lain mengetahuinya.

Mereka yang tidak berinvestasi di perusahaan-perusahaan ini karena mereka pikir mereka murni hype kehilangan kesempatan untuk menghasilkan jutaan. Gunakan akal sehat Anda saat memutuskan apakah Anda ingin berinvestasi di perusahaan yang relatif tidak dikenal. Lakukan riset sebelum Anda berinvestasi dan Anda harus melakukannya dengan baik.