4 Alasan Untuk Tidak Menandatangani Pinjaman Individu
Vino B Posted on

4 Alasan Untuk Tidak Menandatangani Pinjaman Individu

Pemberi Pinjaman Individu memeriksa kredit dan pendapatan sebelum memberi mereka pinjaman. Jika kredensial keuangan mereka tidak bagus, mereka mungkin tidak diberi kesempatan untuk meminjam tanpa pemberi tanda tangan yang memenuhi syarat.

Jika Anda memiliki kredit yang baik, ada kemungkinan suatu hari orang yang Anda cintai mungkin meminta Anda untuk menjadi cosigner itu. Itu berarti Anda mengajukan Pinjaman Individu dengan peminjam utama; kredit Anda akan dievaluasi oleh pemberi pinjaman, dan Anda juga akan bertanggung jawab secara hukum atas pinjaman tersebut.

Meskipun tergoda untuk memberikan bantuan semacam itu, kenyataannya ada banyak alasan mengapa Anda mungkin tidak ingin menjaminkan pinjaman untuk orang lain. Berikut empat di antaranya:

1. Anda Mungkin Bertanggung Jawab Untuk Melunasinya

Jika Anda menandatangani pinjaman, Anda setuju untuk menjamin peminjam utama yang mengambil utang. Pada dasarnya, Anda berkomitmen untuk membayar kembali pemberi pinjaman jika mereka tidak melakukannya. Akibatnya, Anda bisa terjebak membayar kembali sebagian dari jumlah pinjaman.

Seringkali ada alasan mengapa orang membutuhkan cosigner:

  • Mungkin mereka tidak memiliki rekam jejak yang solid dalam membayar tagihan tepat waktu.
  • Mungkin mereka masih muda dan belum punya waktu untuk mengembangkan sejarah kredit yang kuat.
  • Mereka mungkin mengalami nasib buruk dan kehilangan pekerjaan atau memiliki masalah medis.

Apa pun alasannya, kecuali jika Anda sangat yakin bahwa orang yang Anda rekrut bertanggung jawab secara finansial dan akan membayar kembali utangnya, ada risiko serius yang bisa membuat Anda terjerat karenanya.

Dan, sayangnya, jika sesuatu terjadi dan peminjam utama tidak dapat membayar kembali pinjamannya seperti kematian atau cacat kreditur masih mengharapkan Anda untuk membayarnya kembali. Jadi selalu ada kemungkinan Anda bisa terjebak membayar tagihan.

2. Ini Dapat Mempengaruhi Kemampuan Anda Untuk Meminjam

Pinjaman yang ditandatangani bersama muncul di riwayat kredit pribadi Anda. Dengan kata lain, pembayaran diperhitungkan terhadap kewajiban utang Anda, dan pemberi pinjaman melihatnya ketika mereka mengevaluasi kredit Anda. Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel ini tentang informasi apa yang ada di laporan kredit.

Ini berarti kemampuan masa depan Anda untuk meminjam uang dapat terpengaruh karena utang itu, karena sebagian besar pemberi pinjaman melihat rasio utang terhadap pendapatan Anda sebelum menyetujui pinjaman Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan kartu kredit, hipotek, pinjaman mobil, atau hutang lainnya dan Anda telah menandatangani Pinjaman Individu, pembayaran bulanannya dapat mendorong kewajiban hutang bulanan Anda melebihi batas pemberi pinjaman. Jika itu masalahnya, pinjaman Anda bisa ditolak.

3. Anda Dapat Merusak Hubungan Anda dengan Peminjam

Jika orang yang Anda tandatangani akhirnya tidak dapat membayar kembali hutang dan Anda terjebak dengannya, ini bisa membuat Anda kesal dan marah, yang bisa membuat hubungan Anda berantakan.

Pikirkan apakah bantuan keuangan yang Anda berikan sepadan dengan konsekuensi potensial ini.

4. Skor Kredit Anda Bisa Rusak

Catatan pembayaran untuk Pinjaman Individu yang ditandatangani bersama juga muncul di kredit Anda. Jika peminjam utama melakukan pembayaran terlambat, itu akan muncul di catatan Anda dan merusak nilai kredit Anda. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk meminjam dalam waktu yang lama. Laporan kredit Anda juga dapat ditinjau oleh perusahaan utilitas, calon pemberi kerja, tuan tanah, dan perusahaan asuransi. Jadi Anda bisa menghadapi banyak kerusakan finansial sampai Anda membangun kembali kredit Anda.

Intinya adalah bahwa mempertaruhkan kredit Anda untuk orang lain memiliki konsekuensi finansial dan pribadi yang besar. Itu bukan sesuatu yang harus Anda katakan ya kecuali Anda memiliki alasan yang sangat bagus untuk melakukannya.