9 Tips untuk Membuka Toko Online Anda
Vino B Posted on

9 Tips untuk Membuka Toko Online Anda

Sudahkah Anda memutuskan untuk memulai toko online? Selamat! Ikuti tips berikut untuk peluncuran yang sukses!

1.      Ide Nama Toko Anda

Jika Anda belum melakukannya, pikirkan beberapa ide untuk nama toko Anda. Setelah Anda memilih satu (atau dua) ide, lihat apakah itu tersedia secara online. Lihat apakah Anda dapat membelinya sebagai domain dan mengatur profil media sosial untuk itu. Jika semuanya tersedia, lanjutkan dan klaim sehingga tidak ada orang lain yang bisa.

2.      Bangun Situs Anda

Anda tidak dapat memiliki toko online tanpa situs web, jadi lanjutkan dan bangunlah setelah Anda membeli domain. Jika Anda tidak mampu menyewa desainer situs web, jangan dipikirkan! Ada banyak alat dan template yang tersedia, sehingga Anda dapat membuat situs web sendiri. Jika Anda menggunakan situs seperti WordPress, Anda akan memiliki banyak template untuk dipilih.

3.      Cari Tahu Pengiriman Lebih Awal

Sebelum Anda mulai menjual produk Anda, cari tahu bagaimana Anda akan mengirimkannya sehingga Anda tahu berapa biayanya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan paket untuk sampai ke pelanggan Anda.

4.      Tulis Deskripsi Produk Anda

Selalu menjadi ide yang baik untuk menulis deskripsi produk Anda dan mengambil foto produk sebelum meluncurkan toko Anda. Dengan begitu, saat Anda siap, mereka akan tahu persis apa yang mereka cari dan tertarik untuk membeli.

Foto produk Anda harus menarik, sehingga pelanggan Anda termotivasi untuk mengklik “Tambahkan ke Keranjang”.

Deskripsi produk Anda harus SEO friendly sehingga Anda muncul di halaman hasil mesin telusur (SERP) Google. Dengan begitu, Anda dapat menarik orang yang mencari produk Anda, meskipun mereka belum pernah mendengar tentang toko Anda sebelumnya.

5.      Minta Teman & Keluarga Anda Untuk Mengujinya

Setelah Anda menyiapkan situs web dan produk Anda siap, mintalah teman dan keluarga Anda untuk melakukan uji coba. Minta mereka untuk memberikan umpan balik yang jujur ​​tentang tampilan situs web.

Juga minta mereka untuk melalui proses pembayaran. Mintalah mereka menuliskan masalah yang mereka hadapi atau gangguan yang mereka sadari. Anda ingin proses pembayaran berjalan selancar dan semudah mungkin, sehingga Anda tidak kehilangan calon pelanggan.

6.      Ingat, Terkadang Selesai Lebih Baik Dari Sempurna

Jangan khawatir jika situs Anda tidak 100% sempurna saat Anda memilih untuk meluncurkannya. Jika Anda menunggu situs web Anda sempurna, Anda tidak akan pernah meluncurkannya. Sebaliknya, pastikan itu berfungsi (sehingga orang benar-benar dapat membeli barang Anda), lalu lanjutkan dan luncurkan.

7.      Tetapkan Tujuanmu

Pastikan Anda memiliki beberapa sasaran penjualan saat meluncurkannya. Berapa banyak yang ingin Anda jual pada akhir pekan pembukaan? Berapa banyak yang ingin Anda jual di bulan pertama?

Memiliki sasaran penjualan akan memberi Anda sesuatu untuk diusahakan. Ini juga akan membantu Anda mengetahui seberapa baik Anda melakukannya dan apakah Anda berada di jalur yang benar.

8.      Promosi

Miliki beberapa strategi pemasaran sebelum Anda meluncurkan toko online Anda. Menyiapkan situs web Anda tidak banyak membantu jika orang tidak tahu cara mencari Anda.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang pada awalnya. Minta teman dan keluarga Anda untuk membagikan toko online baru Anda di media sosial, dan dorong mereka untuk menyukai halaman media sosial toko Anda.

9.      Tawarkan Diskon

Beri orang-orang insentif untuk berbelanja dengan Anda pada hari peluncuran. Anda dapat menjalankan giveaway untuk produk gratis menjelang peluncuran (yang merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan nama Anda).

Atau, Anda dapat menawarkan diskon dan promosi khusus selama beberapa hari pertama Anda. Jika Anda biasanya tidak menawarkan pengiriman gratis, tawarkan untuk minggu pertama (atau bulan) Anda buka. Anda juga dapat menawarkan persentase diskon untuk setiap pembelian pelanggan selama akhir pekan pertama Anda. Pelanggan akan cenderung membeli lebih banyak, dan Anda akan membangun loyalitas pelanggan.