Tips Penggunaan Kartu Kredit Bagi Para Pemula
Vino B Posted on

Tips Penggunaan Kartu Kredit Bagi Para Pemula

Segudang kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit, seringkali mendatangkan kebiasaan buruk terutama bagi mereka yang baru saja merasakan kenikmatannya. Padahal jika digunakan dengan bijak dan penuh dengan perhitungan, pastinya alat canggih tersebut akan mendatangkan keuntungan lebih banyak. Lalu bagaimana cara penggunaan kartu sakti yang cerdas ? Agar tidak salah langkah, simak sedikit tips berikut.

  1. Memilih Kartu Sesuai dengan Kebutuhan

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam, dimunculkanlah berbagai jenis kartu kredit yang tentunya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pasalnya setiap jenis kartu memiliki penawaran berbeda satu sama lain, sehingga penggunaannya akan lebih maksimal apabila disesuaikan. Dengan pemilihan tepat, anda pun bisa mendapatkan keuntungan berlipat tanpa merasakan kerugian sedikitpun.

Misalnya saja anda hanya membutuhkan kartu kredit sebagai alat pembayaran kebutuhan sehari hari. Maka jenis kartu kredit yang tepat adalah produk yang menawarkan segudang diskon, voucher belanja, dan sebagainya yang masih berkaitan dengan kebutuhan anda. Dengan menggunakan kartu tersebut, anda akan mendapatkan penawaran harga miring yang tentunya akan lebih menghemat pengeluaran.

  1. Lebih Teliti Ketika Bertanstraksi

Ketika pergi berbelanja dan melihat banner bertuliskan diskon cukup tinggi, lalu terburu buru membeli barang yang diinginkan sejak dahulu. Apabila hingga saat ini masih seperti ini, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut demi kestabilan ekonomi anda. Dengan tidak mudah tergiur dengan penawaran yang ditawarkan, akan menyelamatkan anda dari lilitan hutang atas kecerobohan diri sendiri.

  1. Membeli Barang yang Mampu Dibayar

Meski sekali gesek maka proses transaksi telah selesai dilakukan, perlu diingat kembali bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran dan bukan kartu hutang. Jika diibaratkan, jika anda mampu membeli barang tersebut secara cash maka barang tersebut layak untuk dibeli. Dengan menyadari bila kartu ini hanyalah alat pembayaran, anda bisa menekan keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

  1. Hindari Penggunaan Kartu Kredit Terlalu Sering

Memang benar jika seseorang berhak memiliki kartu sakti lebih dari satu, namun jangan lupa bahwa ada beragam biaya yang harus ditanggung ketika ingin menikmati berbagai layanannya. Dengan kata lain, mereka yang memiliki kartu lebih dari satu harus menanggung biaya yang tidak sedikit. Agar lebih efektif, ada baiknya hanya memiliki dua kartu saja namun digunakan dalam berbagai kebutuhan.

  1. Jangan Pernah Meminjamkan Kartu Kredit

Sebagai alat canggih yang memudahkan dalam proses transaksi, sudah sewajarnya bila didalamnya terdapat informasi pribadi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Dari dasar inilah, tandanya anda tidak diperkenankan meminjamkan kartu tersebut kepada orang asing ataupun orang terdekat sekalipun. Dengan melakukan antisipasi ini, anda akan terhindar dari masalah berlarut larut yang berkaitan dengan utang piutang.

  1. Hentikan Penggunaan Kartu Kredit

Ketika menggunakan layanan jasa ini, tentu saja sang pemilik kartu akan terus diminta iuran tahunan setiap tahunnya. Daripada uang digunakan untuk membayarkan iuran, lebih baik alokasikan sebagai tabungan lalu tutup kartu kredit yang sudah tidak digunakan. Sebelum melakukan penutupan sesuai prosedur, pastikan bila sudah tidak ada hutang termasuk iruan tahunan. Anda juga perlu menyisihkan saldo tambahan pada kartu, sebagai langkah antisipasi biaya penutupan.

Proses transaksi pembayaran menggunakan kartu sakti memang praktis dan tidak memakan waktu terlalu banyak. Namun jangan lupa bahwa ada tagihan bayaran yang harus dilunasi segera mungkin, agar ke depan tidak terlilit hutang dalam jumlah melimpah. Oleh karenanya, penting untuk menyisihkan sejumlah dana dan alokasikan sebagai tabungan. Sehingga dibutuhkan dana secara mendadak, anda tak perlu tutup lubang gali lubang.